Jumat, 09 Mei 2008

ujian e-business

1. Pengetahuan yang terpenting yang didapat dalam perkuliahan ini menurut saya adalah terbuka wawasan baru mengenai dunia maya (internet) dengan bertambahnya pengetahuan tentang berbisnis lewat internet. Pemahaman mengenai penggunaan teknologi sekarang ini. Dimana kita tidak hanya menikmati tapi dapat membuat sendiri baik itu blogger ataupun e-commerce yang telah diajarkan dan dipraktekan pada perkuliahan.perkembangan teknologi informasi yang sudah sangat maju dan memberikan banyak sekali kemudahan dan manfaat yang didapat bila semua orang memahaminya terutama dalam kehidupan dan mendukung aktivitas kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari.Paling penting dalam pengetahuan ini adalah lebih melibatkan pada segi pengetahuan dalam mendapatkan sistem informasi yang efisien dan efektif bila dikaji lebih jauh. Karena gudangnya ilmu pengetahuan adalah diperoleh dari teknologi itu sendiri. Dimana, seperti yang kita tahu bahwa teknologi selalu berkembang (up to date) sejalan dengan berkembangnya sistem informasi dan ilmu pengetahuan

2. Dengan mengikuti perkuliahan e – business ini pola pikir tentang bisnis sangat berubah, biasanya jika membicarakan tentang bisnis maka akan mengarah pada bisnis konvensional yang sangat ketinggalan zaman , tetapi dengan belajar e- business maka mindset cara pandang berubah, ternyata internet memiliki peluang yang sangat besar untuk berbisnis. Sekarang saya telah Menyadari dan mengakui bahwa E-Business merupakan sebuah media yang bisa digunakan oleh organisasi dalam mendukung optimalisasi usahanya, dijaman yang sudah serba high tech dan kemudahan akses menjadi pendorong terciptanya inovasi inovasi baru bagi perusahaan dalam memasarkan produk2 nya dan menghilangkan batasan jangkauan pasar terutama secara geografis, karena dengan e business seluruh dunia menjadi potensi market yang bisa dituju.Perkulihan ini sangat memberikan perubahan dalam pemikiran akan teknologi e-bisnis karena yang asalnya saya tidak tahu sekarang menjadi tahu. Adapun pengimplemnetasian yang saya lakukan diperusahaan tempat saya bekerja melalui sistem yang digunakan sebagai data awal yang dibutuhkan oleh bagian akuntansi untuk menyusun laporan keuangan maka diperlukan pemahaman dan perkembangan akan teknologi sehingga mampu memberikan kontribusi akan kekurangan dan kelebihan yang ada pada sistem yang telah berjalan saat ini.

3. E – business modal utamanya memang kepercayaan, tanpa kepercayaan mustahil akan meraih kesuksesan di bisnis ini. Transaksi yang digunakan dalam e – business adalah transaksi yang tidak melibatkan kontak person to person tetapi melewati situs tersebut. Baik penjual maupun pembeli tidak pernah bertatap muka sebelumnya dalam transaksi . Begitu pula barang / produk yang dijual hanya terpangpang disitus saja tanpa bisa disentuh secara langsung. Begitu pula pembayaran yang biasanya memakai kartu kredit dilakukan melalui situs. Ini semua harus memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, khususnya untuk konsumen e – business.Kepercayaan dalam bisnis elektronik melalui internet ini adalah aspek yang sangat penting
Sebagai contoh kasus ukuran e-business dalam organisasi intinya adalah kembali pada kualitas produk, harga, perusahaan yang menghasilkan produk tersebut, manfaat produk, legalitas dan lain-lain. Kasus mengenai kepercayaan pelanggan adalah pelanggan e-business masih takut ada pencuri kartu kredit, rahasia informasi personal mereka menjadi terbuka, dan kinerja jaringan yang kurang baik. Umumnya pembeli masih belum yakin bahwa akan menguntungkan dengan menyambung ke Internet, mencari situs shopping, menunggu download gambar, mencoba mengerti bagaimana cara memesan sesuatu, dan kemudian harus takut apakah nomor kartu kredit mereka di ambil oleh hacker. Tampaknya untuk meyakinkan pelanggan ini, e-merchant harus melakukan banyak proses pemandaian pelanggan.maka security yang dapat dilakukan dalam e – business ini adalah :
· Pengguna harus dijamin security accountnya juga privacynya· Operator selular yang memiliki kepedulian khusus untuk mensupport transaksi ini· Institusi keuangan yang membuat setiap transaksi terhindar dari fraud· Merchant yang mempermudah pola pembayaran bagi pengguna.
Jaminan kepercayaan kepada merchant dari amazon dan yahoo adalah :
· Authentikasi, yang memungkinkan pihak fasilitator pembayaran (antara lain institusi keuangan) untuk memastikan bahwa pihak yang menggunakan sistem pembayaran adalah pihak yang berhak.· Confidentiality, yang memastikan bahwa pihak lain yang tidak berhak tidak dapat mengakses data pembayaran.· Data Integrity, yang memastikan bahwa data pembayaran tidak berubah setelah pengguna menyetujui seluruh detail transaksi.
· Non-repudiation, yang mengikat seluruh pihak yang terlibat sehingga tidak dapat menyangkal seluruh proses yang telah dilakukannya.
E-Commerce menjadi bagian tak terpisahkan dari e- business karena didalamnya menyangkut opportunity yang dapat dijadikan kunci sukses perusahaan. E-commerce memiliki beberapa karakteristik yang sangat khusus yang memberikan nilai lebih bagi para penggunaa, diantaranya :Transaksi tanpa skat geografis Sebelum era internet, batas-batas geografi menjadi penghalang suatu perusahaan atau individu yang ingin go-international. Sehingga perusahaan besar saja yang dapat memasarkan produknya dengan luas. Sekarang ini semua kalanganpun mampu melakukan bisnis dengan jaringan yang sangat luas tanpa batas dengan menggunakan internet sebagai alatnya dengan mengakses situs dan melakukan transaksi secara on line.Transaksi tidak langsung (non person to person transcation)Para penjual dan pembeli dalam bertransaksi tidak perlu melakukan tatap muka.semua kegiatan aktifitas transaksi dilakukan melalui situs internet.Bagaimana konsep konvergensi dan critical mass pada mobile wireless dan wireless commerce, dimana Mobile e-commerce (m-commerce) didefinisikan sebagai segala kegiatan dan proses bisnis interaktif yang berhubungan dengan transaksi komersial yang dilakukan melalui media komunikasi berupa wireless (mobile) device.Konvergensi teknologi memungkinkan orang dengan perangkat yang berbeda-beda mengakses atau bertukar data yang sama. Misalnya satu universitas memasukkan data nilai mahasiswa ke dalam basis data. Kemudian data nilai ini bisa diakses baik melalui situs Web universitas, maupun diakses melalui SMS. Pembicaraan melalui layanan VOIP, dulu harus dari komputer ke komputer. Sekarang dengan Skype, kita bisa menelpon dari komputer ke telepon rumah atau ke ponsel.


4. Tuntutan customer kepada perusahaan (produsen) semakin hari semakin meningkat, kemudahan serta keamanan menjadi sesuatu yang mutlak harus dirasakan oleh customer dan mobile atau juga wireless commerce harus memberikan guaranty tersebut dan kunci kemenangan dalam persaingan bisnis tersebut antara lain:
· Kemudahan transaksi
· Lindungan keamanan baik mengenai jaringan, kualits barang, delivery serta pola pembayaran
· Produk yang tidak pasaran dan cukup eksklusif
· Time of delivery yang tidak lama

5. ERP menjadi tulang punggung dari E-Business dikarenakan selama ini banyak perusahaan termasuk ditempat saya bekerja menyadari sangat sulitnya menjalankan e-business, khususnya ketika proses bisnis itu terkait dengan berbagai macam perusahaan lain, negara, berbagai aplikasi piranti lunak, dan sistem. Maka disinilah dibutuhkan proses bisnis yang lebih mudah dikelola (manageable), terutama melalui reengineering proses bisnis. Disinilah peranan dari ERP ( enterprise sesource system). Sehingga proses e-business dapat berjalan dengan lancar, membuat proses bisnis berkolaburasi antar perusahaan dan intern perusahaan . ERP adalah jembatan penghubung antar unit divisi didalam perusahaan yang kebetulan di perusahaan saya memakai SAP sebagai alat ERP. Dan ini memudahkan untuk melakukan e-business jika ada transaksi dari luar negeri melalui situs perusahaan diinternet

Tidak ada komentar: